Inilah Alasan Ronaldinho Meninggalkan Barcelona

Ronaldinho akhirnya meninggalkan Barcelona setelah dirinya berada di klub itu selama lima tahun sebagai pemain profesional. Awal bergabungnya Ronaldinho di Barcelona sejak tahun 2003 hingga 2008. Hadirnya Ronaldinho mampu mengembalikan kejayaan Barcelona. Dirinya mampu mengantarkan Barcelona menjadi juara Liga Champion pada musim 2005-2006, sejak yang pertama pada tahun 1992.

Setelah empat musim dilalui membuat kondisi fisik Ronaldinho menjadi menurun. Hal ini diakibatkan kegemarannya yang suka pesta dan menjadi gaya hidupnya. Pada musim 2008-2009, Pep Guardiola yang menjadi pelatih Barcelona secara tegas menyatakan pemain-pemain seperti Ronaldinho, Deco, dan Samuel Eto’o harus diganti. Melalui pernyataan pelatihnya itu, akhirnya Ronaldinho memutuskan untuk keluar dari Barcelona di akhir musim 2008. Kemudian dirinya bergabung dengan AC Milan. Kemudian Eto’o yang masih bertahan selama satu musim, mampu mengantarkan Barcelona memenangkan treble winners yaitu gelar Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, dan Liga Champions.

Di lain kesempatan, Ronaldinho membantah kabar bahwa keputusannya untuk hengkang dari Camp Nou karena Pep Guardiola. Dirinya menyatakan bahwa yang memutuskan untuk keluar dari Barcelona di tahun 2008 adalah dirinya sendiri, bukan dari Pep Guardiola. Pernyataan tersebut dilakukan saat diwawancarai sebuah stasiun televisi. Kembali ditambahkan olehnya bahwa Ronaldinho keluar karena tujuannya telah tercapai sehingga dia memerlukan perubahan. Ronald menyatakan selalu cocok dengan Pep dan dengan keluarnya dari Barcelona karena ingin bekerja sama dengan saudara Pep, Pere di Nike.

Hengkangnya Ronaldinho beriringan dengan semakin moncernya performa Lionel Messi di klub Barcelona. Lewat sentuhan tangan dingin Pep Guardiola, Blaugrana berhasil memenangkan 14 trofi serta memiliki squad yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Apapun itu, Ronaldinho sudah cukup lama tidak berada di Barcelona hampir 20 tahun lalu. Meski sebelumnya Pep Guardiola menyatakan pemain-pemain lainnya di musim 2008-2008, namun Ronaldinho menyatakan bantahan bahwa dirinya keluar dari Barcelona atas inisiatif sendiri dan ingin bekerja sama dengan saudara Pep Guardiola yakni Pere untuk mengembangkan permainannya supaya lebih maju.

No Responses

Write a response