Barcelona Untung Karena Handball Umtiti

Barcelona merasa cukup diuntungkan kontroversi saat pertandingan melawan Deportivo Alaves di lanjutan Liga Spanyol yang lalu. Memang saat pertandingan berlangsung Umtiti terlihat seperti mengenai bola akan tetapi wasit mungkin tidak melihatnya maka peluit pun tidak dibunyikan. Menurut sang pelatih memang sebuah kontroversi terkadang bisa jadi menguntungkan, terutama saat ini bagi Los Cules.

Dalam lanjutan La Liga Spanyol musim ini, Barcelona kembali berhasil memetik kemenangan. Kali ini mereka berhasil menyudahi pertadingan dengan skor akhir 2-1 ketika menjamu Deportivo Alaves pada hari Senin (29/1/2018) dinihari WIB. Kemenangan ini tak didapat oleh Blaugrana dengan mudah, mereka harus bersusah payah untuk mempertahankan kemenangan karena gempuran dan perlawanan cukup sengit yang diberikan oleh para pemain Alaves.

Gempuran Alaves yang terus menerus ke barisan pertahanan Barcelona akhirnya membuat Alaves mampu unggul lebih dulu dari Barcelona di babak pertama berkat gol yang diciptakan oleh John Guidetti. Kemudian Barca baru bisa berbalik unggul dari Alaves di babak kedua melalui gol yang masing-masing dilesakkan oleh Luis Suarez dan Lionel Messi.

Setelah itu saat menjelang waktu normal akan habis, bek Barcelona, Samuel Umtiti, terlihat melakukan handball saat memblok tendangan yang dilesakkan oleh salah seorang pemain Alaves. Momen saat tangan Umtiti menyentuh bola itu tergambar dengan cukup jelas saat tayangan ulang diputar. Sang pengadil lapangan tidak memberi tendangan penalti untuk Alaves, keputusan itu yang memicu kontroversi saat kemenangan Barcelona kontra Deportivo Alaves.

Manajer Barcelona, Ernesto Valverde, ikut menanggapi perihal momen yang terjadi saat itu. Los Cules sebelumnya juga pernah mengalami situasi yang sama, saat itu gol salah seorang pemainnya tak disahkan oleh wasit. Oleh karena itu, Valverdi berkata bahwa kontroversi terkadang bisa jadi menguntungkan ataubisa juga menyakitkan menyakitkan.

“Selain untuk menyembunyikan tangannya kita tak bisa melakukan apapun saat itu. Saya pikir itu tak masuk akal, akan tetapi setiap orang bisa melihatnya kembali dari sudut pandang masing-masing. Terkadang bolanya akan masuk dan mereka tak mengesahkannya karena telah terjadi handball terlebih dahulu, tetapi di lain waktu hal seperti ini bisa terjadi,” Ucap Ernesto Valverde.

No Responses

Write a response