Coutinho Sebagai Contoh Nyata Rantai Makanan Dalam Sepakbola

Bursa transfer musim dingin kali ini nampaknya cukup panas, kali ini siklus rantai makanan dalam sepakbola sangat terlihat jelas pada bursa transfer bulan januari ini. Kepindahan Coutinho ke Barca menjadi salah satu contohnya.

Bursa transfer bulan Januari ini masih terus berjalan sejak dibuka ada tanggal 1 januari yang lalu. Sampai saat ini, transfer yang sangat menjadiperhatian adalah kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona. Liverpool telah mendatangkan Virgil van Dijk yang diboyong dari Southampton dengan mahar senilai 75 juta pund sterling. Setelahnya, The Reds melepas pemain bintangnya yaitu Philippe Coutinho ke Barca dengan nominal transfer yang cukup mencengangkan. Coutinho diboyong oleh  Barca dengan nilai transfer hingga mencapai 143 juta pond sterling (Rp. 2.5 triliun).

Aktivitas jual beli pemain yang diperlihatkan oleh Liverpool dan Barca tersebut diibaratkan oleh The Sun, hal itu sama halnya seperti rantai makanan dalam biologi. Siklus itu melibatkan Celtic sebagai seorang produsen – Southampton sebagai seorang konsumen pertama – Liverpool sebagai seorang konsumen kedua – dan yang terakhir adalah Barcelona sebagai seorang konsumen keempat.

Celtic seringkali berhasil melahirkan bibit-bibit pemain kelas dunia yang berbakat dan memiliki harga yang relative murah. Sebut saja beberapa pemain jebolan Celtic yang memiliki kualitas cukup bagus seperti Victor Wanyama, Fraser Forster, dan juga Van Dijk. Setelah sedikit dibesarkan oleh Celtic, kemudian pemain tersebut dilepas ke Southampton.

Pemain seperti Adam Lallana, Dejan Lovren, Sadio Mane, Nathaniel Clyne dan juga Van Dijk merupakan contoh dari pemain terbaik Southampton yang dibeli oleh The Reds. Setelah membeli pemain tersebut, Liverpool melakukan aksi seperti yang tlah dilakukan oleh Celtic dan Southampton dngan menjual beberapa pemain terbaik yang ia miliki ke Barcelona dengan harga yang lebih tinggi dari yang semua ia beli.

Luis Suarez, Javier Mascherano, dan yang terakhir adalah Philippe Coutinho merupakan pemain terbaik yang dilepas ke Barca oleh Liverpool. Dengan kucuran dana yang ia miliki, bukan hal yang sulit bagi Barcelona untuk membeli pemain-pemain tersebut walaupun harganya yang cukup mahal.

1

No Responses

Write a response