Ini Dia yang Menyebabkan Tumpulnya Suarez di Barcelona

Menurunnya kinerja Luis Suarez adalah noda di dalam performa Barcelona pada musim ini. Selama musim ini, Suarez baru menorehkan 6 gol di ajang La Liga Spanyol. Rasio yang dimiliki Suarez 0,54 gol per partai, membuat dirinya memiliki statistik  yang paling buruk sejak memperkuat Barcelona.

Di kampanye debutnya pada musim 2014-2015, Luis Suarez telah membukukan 0,59 gol per pertandingan. Selanjutnya meningkat di musim 2015-2016 menjadi 1.14 dan turun kembali di musim 2016-2017 menjadi 0,83.

Meski mengakui dirinya tak memiliki masalah, menurunnya catatan gol yang didapatkannya ini membuatnya frustasi. Dirinya sempat merobek seragam tim dan masuk ke kamar ganti saat melewatkan banyak peluang pada laga duel dengan Las Palmas, di Oktober lalu.

Mengingat kompetisi baru memasuki Desember, Suarez masih punya banyak waktu untuk memperbaiki kinerjanya. Sebelumnya, inilah yang menjadi alasan mengapa  mantan pemain Liverpool ini selalu gagal dalam menciptakan banyak gol untuk Barcelona di musim ini.

Menurunnya produktivitas Suarez ini pastinya tidak lepas dari gagalnya mengkonversi peluang. Media olahraga setempat memberikan catatannya bahwa penyerang asal Uruguay ini telah mencetak 6 gol dan 40 tembakan, dan itu berarti bahwa efektivitas Suarez di musim ini hanyalah 15 persen. Angka itu telah menurun jauh dibandingkan di dua musimnya yang terakhir. Dirinya memiliki konversi 29,2 % di musim 2015-2016 dan di musim 2016-2017 kesuksesannya itu telah memanfaatkan peluang sebesar 24,2 %.

Sebelumnya Suarez adalah penyerang utama bersama Messi dan Neymar yang mendukungnya di sisi lapangan. Setelah perginya Neymar, Valverade sebagai pelatih kemudian menginstruksikan Messi untuk mendampingi Suarez di lini depan. Hadirnya Messi menjadi ruang gerak Suarez menjadi sempit. Maka dia harus kembali beradaptasi lagi untuk menemukan ruang di lini pertahanan lawan.

Adaptasi peran baru yang didapatkan Suarez ini membuatnya kelimpungan. Dia kemudian tercatat sering melakukan kesalahan pada setiap penampilannya. Statistik mencatat, bahwa Suarez telah melakukan 2,6 salah kontrol bola di setiap pertandingan musim ini. Angka tersebut meningkat di banding dua musim sebelumnya.

No Responses

Write a response